LIRA Soroti Proyek Jalan Desa Jangkang Kubu Raya Dana Besar Cepat Rusak

Jalan di Desa Jangkang 1 dan Jangkang 2 rusak
Sumber :
  • VIVA/Ngadri

PADANGLumbung Informasi Rakyat (LIRA) menyoroti proyek pembangunan jalan rabat beton di Desa Jangkang 1 dan Desa Jangkang 2, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat yang baru saja selesai dikerjakan sudah mengalami kerusakan pada Jumat, 28 April 2023. Kerusakan tersebut mulai terlihat di sejumlah titik, batu menonjol keluar.

Progres Tol Cimanggis-Cibitung Capai 82,67 Persen, Rampung Kuartal II-2024

‘’Proyek pembangunan Jalan di Desa Jangkang itu menggunakan anggaran APBD Kubu Raya sebesar Rp 4,9 Miliar artinya dananya cukup besar. Seharusnya pengerjaan proyek tersebut hasilnya maksimal, tapi kalau sekarang sudah terjadi rusak patut dipertanyakan standar betonnya,’’ujar Totas Ketua Investigasi LIRA Kalbar kepada VIVA Jumat, 28 Aril 2023.

Totas pun meminta kepada pihak pelaksana untuk melakukan perbaikan jalan yang rusak tersebut. Dan meminta kepada lembaga auditor untuk melakukan audit khusus. Kemudian penegak hukum khususnya Tipikor Kejari Mempawah dan Tipikor Polres Kubu Raya untuk melakukan pemeriksaan proyek tersebut.

Demo di Kejagung, Massa Desak Al Haris dan Aspan Diperiksa

‘’Saya minta proyek jalan rabat beton di Desa Jangkang 1 dan di Desa Jangkang 2 dilakukan audit dan di periksa. Karena baru selesai dikerjakan sudak rusak,’’ucapnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPR) Kabupaten Kubu Raya Apriansyah mengatakan, bahwa proyek pembangunan Jalan rabat beton di Desa Jangkang 1 -Jangkang 2 masa pemeliharaannya hingga bulan Desember 2022.

Banjir di Sintang Belum Surut, 95 Jiwa Mengungsi

"Masa pemeliharaan hingga bulan Desember 2022. Terkait kerusakan jalan tersebut nanti kami cek dan tangani,"ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun VIVA Proyek jalan rabat beton di Desa Jangkang 1 dan Desa Jangkang 2 pada Tahun 2019 dilaksanakan oleh PT Tehnik Jaya Lestari dengan nilai pagu dana Rp 14,991 Miliar. Tahun 2021 dilaksanakan oleh CV Putra Penibung Sejahtera dengan nilai pagu dana Rp 1,9 Miliar dan pada Tahun 2022 di laksanakan oleh CV KM dengan nilai pagu dana Rp 4,9 Miliar.