Tak Capai 95 Persen, Fraksi DPRD Sumbar Minta Mahyeldi untuk Evaluasi Serapan Anggaran OPD Pertanian

Fraksi DPRD Sumbar Soroti Serapan Anggaran OPD Pertanian
Sumber :
  • DPRD Provinsi Sumbar

Padang – Fraksi DPRD Sumbar menyorot serapan anggaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov pada APBD Tahun 2022, khususnya dinas untuk program unggulan (Progul) pertanian yang tak mencapai 95 persen. 

DPRD Sumbar Percepat Pembahasan Ranperda Pengelolaan Sampah 

Persoalan ini diminta untuk dievaluasi menyeluruh oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah. Hal ini disampaikan saat rapat paripurna di DPRD Sumbar, Rabu (14/6/2023).

Dalam Rapat paripurna yang beragendakan penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Sumbar terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD  (PPA) Tahun 2022.

Pemprov Sumbar Diminta Serius Perbaiki Jalan Provinsi yang Rusak

Juru Bicara Fraksi Gerindra DPRD Sumbar Mesra mengatakan, dari nota pengantar Ranperda PPA Tahun 2022 yang telah disampaikan gubernur, mengenai serapan anggaran fraksi ini melihat rata-rata serapan dinas di Progul pertanian  tidak sampai 95 persen.

“Seperti urusan kelautan dan perikanan, urusan kehutanan dan urusan tanaman pangan hortikultura, serapan anggaran di dinas terkait tidak sampai 95 persen. Kenapa ini bisa terjadi? Kami minta tahun 2023 tidak terulang lagi. Perlu penekanan dari gubernur terhadap OPD agar realisasinya lebih serius,” katanya.

Padang Raih Penghargaan Kota Peduli HAM

Mesra mengatakan, Fraksi Partai Gerindra meminta gubernur agar melakukan evaluasi menyeluruh terhadap dinas atau OPD yang tidak bisa merealisasikan anggaran diatas 95 persen. Jika tak dibenahi ini berpotensi mengganggu kinerja pemerintah daerah.

Ia menerangkan, proses evaluasi bisa dilakukan dengan menerapkan Merit Sistem, dimana penempatan seseorang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

Halaman Selanjutnya
img_title