Duet Anies-Cak Imin: Keputusan Mengejutkan di Panggung Politik 2024

Anies Baswedan (kiri), bersama ketua Partai Nasdem Surya Paloh (kanan)
Sumber :
  • Dok. NasDem

Padang – Pada panggung politik yang semakin memanas menghadapi Pemilihan Presiden 2024, wacana duet antara Anies Baswedan dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden mencuat dengan heboh. 

Gempa M6,5 di Jatim: 4.679 Rumah Rusak, 33.535 Warga Mengungsi

Namun, sorotan justru tertuju pada keputusan yang dipandang sepihak oleh Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.

Pakar politik Adi Prayitno memberikan pandangan tajam terkait potensi dampak dari duet Anies-Cak Imin. Adi mengungkapkan bahwa jika langkah ini terwujud dan tiba di pintu pendaftaran KPU, bisa menjadi perjudian politik yang mencengangkan. 

Gempa Magnitudo 6,0 Tuban Rusak Sejumlah Fasilitas Bangunan

"Melihat data survei, duet Anies-Muhaimin Iskandar ini terasa seperti perjudian yang menegangkan," ujar Adi dikutip dari VIVA pada Jumat, 1 September 2023.

Adi berpendapat demikian karena elektabilitas Cak Imin tidak pernah secara signifikan muncul dalam survei. Meskipun begitu, ia mengakui bahwa posisi Cak Imin sebagai tokoh utama PKB memiliki daya tarik politik untuk mengkonsolidasikan suara, khususnya di Jawa Timur

Pilgub DKI, Surya Paloh Pilih Sahroni Ketimbang Anies Baswedan

"Ini akan mengkonsolidasikan kekuatan politik dari NU yang kuat di Jatim dan Jateng, yang selama ini menjadi kebutuhan Anies," jelas Adi.

Ia menegaskan bahwa apabila duet ini benar-benar terjadi, Cak Imin akan dihadapkan pada tugas berat, terutama dalam mengambil hati pemilih PKB.

Halaman Selanjutnya
img_title