Alat Peraga Kampanye di Padang Panjang Mulai Ditertibkan

Penertiban APK di Padang Panjang
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

Padang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang, mulai tertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di sepanjang zona larangan KPU.

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

Penertiban yang sudah dilakukan sejak Senin kemarin, melibatkan unsur TNI-Polri, Satpol PP Damkar, Dishub, BPKD, PPK, PPS dan Panwascam.

Tim penertiban dibagi menjadi empat. Dua tim diturunkan di kawasan Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB), dan dua tim di kawasan Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT).

Kejar Target, Satgas Halal Kemenag Sumbar Gelar Kampanye di 101 Titik

Ketua Bawaslu Padang Panjang, Hidayatul Fajri, menyebut jika setiap APK yang tidak sesuai dengan aturan dibongkar dan ditertibkan.

"Kegiatan ini dilakukan setelah tiga hari sebelumnya pada 12 Januari lalu, kami sudah menyurati partai politik (parpol) agar setiap APK yang terpasang tidak sesuai dengan aturan KPU, silakan dibongkar secara mandiri. Namun ternyata setelah kami turun ke lapangan, masih banyak APK yang dipasang tidak sesuai aturan seperti di jalan protokol, zona merah KPU, pohon dan tiang listrik," kata Fajri dikutip dari siaran persnya, Selasa 16 Januari 2024.

Polri Klaim Kamtibmas Pasca Penetapan Pemilu 2024 Berjalan Aman

Fajri menambahkan, dalam penertiban hanya ditemukan baliho yang melanggar pemasangan. Tidak ada baliho yang melanggar materi seperti baliho yang isinya ada kata-kata negatif dan lainnya.

Ia menjelaskan, ini baru tahapan pertama yang dilakukan untuk penertiban APK. Nanti akan ada lagi tahapan kedua dan tahapan ketiga pada saat masa minggu tenang.

Halaman Selanjutnya
img_title