KPU RI Lantik 5.741.127 Anggota KPPS

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari
Sumber :
  • Ist

Padang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melantik 5.741.127 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) secara serentak di seluruh Indonesia, Kamis (25/1/2024). Pelantikan ini digelar serentak di 71 ribu lokasi. 

PDI Perjuangan Sumatera Barat Menang Atas Gugatan Leo Murphy

"Anggota KPPS yang dilantik sebanyak 5.741.127 orang anggota KPPS seluruh Indonesia," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam sambutannya di Merlynn Park Hotel, Jakarta. 

Hasyim mengatakan, anggota KPPS tersebut akan disebar di 820.162 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Tiap TPS akan diisi tujuh anggota KPPS saat hari pemungutan suara. 

Polri Klaim Kamtibmas Pasca Penetapan Pemilu 2024 Berjalan Aman

Lebih lanjut, Hasyim menyebutkan, semua anggota KPPS itu akan diberikan pelatihan teknis mulai hari ini hingga 27 Januari 2024. Diberikan pemahaman soal kewajiban dan wewenang KPPS dalam penyelenggaraan kegiatan pemungutan, penghitungan suara di TPS.  

Bakal diberikan pula pemahaman tentang ketentuan penghitungan suara dan ketentuan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan. 

Anies Sebut Ada Upaya Menggeser Percakapan Pilpres ke Pilkada

Hasyim menambahkan, pihaknya juga mengunggah semua surat keputusan (SK) pelantikan jutaan anggota KPPS itu ke Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (Siakba). Tujuannya agar petugas KPPS yang menandatangani formulir C hasil perhitungan suara adalah benar mereka yang mendapatkan SK.