Satu Warga Hilang dalam Peristiwa Banjir dan Longsor di Tanggamus Lampung

Dampak banjir Tenggamus Lampung
Sumber :
  • Humas BNPB

Padang – Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebut satu orang dinyatakan hilang akibat peristiwa banjir dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, pada Sabtu kemarin. 

Dilanda Puting Beliung, BPBD Padang Bantu Warga Terdampak

Hujan deras dengan intensitas tinggi kata Abdul, memicu bencana alam ini sekitar pukul 20.00 WIB. Mulanya, empat orang terseret arus banjir, Tiga orang berhasil dievakuasi dengan selamat, sedangkan satu orang masih dalam pencarian.

"Bencana ini berdampak di delapan kecamatan di Kabupaten Tanggamus," kata Abdul Muhari, Senin 27 Mei 2024. 

BPNB Targetkan Nusa Tenggara Timur Bebas Rabies Tahun Ini

Selain itu, menurut Abdul, banjir dan tanah longsor mengakibatkan kerusakan materil dan non materil. Sebanyak 385 kepala keluarga (KK) dan 385 unit rumah terdampak.

Lahan persawahan dan perkebunan seluas 1.098 hektar juga terendam air. Satu jembatan putus dan tujuh titik longsor menutup akses jalan.

Kota Padang Siapkan Kelurahan Tangguh Bencana Untuk Hadapi Bencana

"Saat ini, banjir dilaporkan telah surut. BPBD Kabupaten Tanggamus bersama TNI, Polri, dan pihak terkait lainnya telah berkoordinasi dan melakukan pendataan kerugian, serta turun ke lokasi untuk menangani bencana dan mengevakuasi warga terdampak,"tutup Abdul Muhari.