Gempabumi Magnitudoo 4.4 Kabupaten Batang Bikin Rusak Rumah dan Korban Jiwa

Dampak gempabumi Kabupaten Batang
Sumber :
  • Humas bnpb

Padang – Gempabumi magnitudo 4.4 yang menggetarkan tanah Kabupaten Batang dan sekitarnya, Minggu sore 7 Juli 2024 pukul 14.35 WIB, menimbulkan kerusakan bangunan dan korban jiwa.

49 Rumah Warga Kabupaten Batang Rusak Akibat Gempabumi Magnitudo 4.4 

Guncangan gempabumi ini, juga dirasakan cukup kuat hingga Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari bilang, menurut hasil kaji cepat sementara, gempabumi dengan pusat kedalaman 6 kilometer itu, menyebabkan kerusakan dengan rincian meliputi 3 rumah rusak berat, 5 rumah rusak ringan, 1 tempat ibadah rusak ringan, 1 sekolah rusak sedang dan kantor Bupati Batang rusak sedang. 

6 Meninggal, Puluhan Warga Suwawa Hilang Akibat Dihantam Longsor 

"6 desa di Kecamatan Batang, 3 desa di Kecamatan Warungasem dan 1 desa di Kecamatan Wonotunggal terdampak gempabumi ini,"kata Abdul Muhari, Minggu 7 Juli 2024.

Abdul merinci, lindu yang berpusat di koordinat 7.00 LS, 109.71 BT itu juga menyebabkan empat warga mengalami luka setelah terkena reruntuhan bangunan.

19 Desa di Bolaang Mongondow Selatan Terendam Banjir

Hingga kini, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Batang bersama TNI, Polri dan unsur forkopimda lainnya tengah melakukan asesmen lanjutan guna mendata kerusakan bangunan lainnya dan melakukan pertolongan kepada warga terdampak. 

"Tim gabungan tersebut juga menyiapkan lokasi pengungsian termasuk pendataan warga terdampak,"tutup Abdul Muhari.