Klarifikasi Pengelola Museum Adityawarman Soal Kata Gay Men dan Kutipan Wikipedia

Bagian informasi Homo Sapien yang sudah ditutup dengan kertas putih
Sumber :
  • Padang Viva

Padang – Kasi Pelayanan dan Administrasi Museum Adityawarman, Padang, Sumatera Barat, M Devid menyampaikan permohonan maaf atas adanya kekeliruan terjemahanan dalam bahasa inggris (Gay Men) dan kutipan wikipedia soal informasi tentang Homo Sapien yang viral di akun tiktoker @anandabhuwana.

46 Pelajar SMP di Kabupaten Pasaman Keracunan Makanan

"Sebelumnya kami juga ingin menjelaskan. Kami mohon maaf, baru di sini. Mungkin yang bisa kami jawab, kejadian ini sebenarnya sudah sejak lama. Mungkin sudah terjadi beberapa kali pergantian kepala museum. Jadi memang ini murni kesalahan pada translate,"kata Devid, Selasa 23 Juli 2024. 

Devid menambahkan, kesalahan narasi pada papan informasi itu terjadi lantaran kemampuan translate Indonesia ke Inggris maupun sebaliknya yang dilakukan pengelola Museum dulu, masih belum cukup bagus. Meski demikian, ia tak ingin menyalahkan pejabat yang berwewenang sebelumnya.

Kejati Selidiki Dugaan Korupsi di Koni Sumatera Barat

"Kami tidak menyalahkan pejabat yang berwenang dulu. Kami tidak tahunya kapan, pejabatnya siapa. Kemampuan translate Indonesia ke Inggris maupun sebaliknya masih belum cukup bagus. Kami mengucapkan terima kasih saran dan masukan yang ada di media sosial. Ini nanti menjadi bahan evaluasi untuk lebih baik ke depan,"ujar Devid. 

Devid menegaskan bahwa usai viralnya video itu, pihaknya sudah melakukan evaluasi dengan pejabat fungsional ahli Museum. Bahkan, dibagian yang menjadi sorotan dari tiktoker itu pun kini sudah ditutup dengan kertas putih. 

Mal Pelayanan Publik di Padang Panjang Mulai Beroperasi

"Ke depan, kami akan mengganti story atau label pada koleksi tersebut,"tutup Devid.

Sebelumnya, tiktoker dengan akun @anandabhuwana bikin heboh dengan postingan yang mengungkap fakta bahwa papan informasi perihal Homo Sapien di Museum Adityawarman, Padang, Sumatera Barat bersumber kepada wikipedia. 

Halaman Selanjutnya
img_title