HKBN 2024: Ratusan Bibit Cemara Laut dan Ketapang Bakal Ditanam di Pantai Cimpago

Foto Udara Pantai Padang. Foto by Andri Mardiansyah
Sumber :

Padang – Kota Padang kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN). Acara yang digelar pada tanggal 26 April 2024 mendatang ini, bakal dimeriahkan dengan penanaman ratusan bibit pohon di sepanjang pesisir Pantai Padang.

Erick Thohir Sebut Skuad Timnas U-23 Pencetak Sejarah Baru Sepakbola Indonesia

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Yoice Yuliani, menjelaskan bahwa sebanyak 100 bibit pohon Ketapang dan Cemara Laut akan ditanam di kawasan Pantai Cimpago. Penanaman bibit pohon ini akan dilakukan secara serentak oleh perwakilan dari setiap daerah peserta HKBN 2024.

"Bibitnya sudah kami siapkan dan siap untuk ditanam pada saat peringatan HKBN nanti," kata Yoice, Kamis 18 April 2024.

Kepala BNPB Sebut HKBN Tonggak Kebangkitan Kesadaran Bencana di Indonesia

Kalaksa BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton, berharap acara HKBN tahun ini dapat dihadiri oleh banyak pihak dan disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia secara streaming.

"Kita harapkan melalui kegiatan ini masyarakat paham akan bencana, mengetahui kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, serta apa yang harus dilakukan saat bencana datang," ujar Hendri.

PSPS Siap Tempur! Luncurkan Tim dan Jersey Baru Jelang Kick Off Liga 3 Putaran Nasional

Lebih lanjut, Hendri juga menekankan pentingnya simulasi evakuasi bencana untuk meningkatkan kesiapan fisik, mental, dan pemahaman masyarakat dalam menghadapi bencana.

"Masyarakat perlu memahami perilaku (SOP) yang tepat apabila terjadi gempa bumi sehingga korban jiwa saat bencana dapat diminimalisir. Kita harap HKBN 2024 di Padang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana,"tutup Hendri.