Gubernur Mahyeldi: Jumlah Perantau Disinyalir Melebihi Jumlah Penduduk Sumbar

Gubernur Mahyeldi. Foto/Andri Mardiansyah
Sumber :

Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi, menyebut bahwa jumlah perantau Minang apabila dihitung dengan keturunan serta anggota keluarganya, maka jumlahnya disinyalir lebih banyak dari penduduk Sumbar.

Lestarikan Adat Untuk Jaga Generasi Muda

"Apabila dihitung mulai dengan keturunan hingga anggota keluarganya, maka jumlah perantau Minang yang ada di perantauan, lebih banyak dari jumlah penduduk Sumatera Barat,"kata Mahyeldi, dikutip dari keterangan resminya, Sabtu 13 April 2024. 

Menurut Mahyeldi, Perantau adalah potensi besar yang dimiliki Sumbar. Jika sinergi antara kampung dan rantau terjaga, maka Sumbar bisa lebih sejahtera. 

Kelola Dana Miliaran, Aparatur Nagari Harus Paham Aturan dan Tupoksi

Ia bilang, merantau merupakan bagian dari budaya orang Minangkabau yang masih lestari hingga saat ini. Selain mencari penghidupan, tradisi merantau juga dimaksudkan untuk menuntut ilmu dan memperkaya pengalaman yang nantinya bisa menjadi modal untuk membangun kampung halaman.

"Untuk itu, dalam momentum lebaran ini kita menyambut masyarakat dan para perantau yang pulang kampung untuk bersilaturahi. Pemimpin itu, harus dekat dengan masyarakat untuk memahami persoalan yang terjadi sebagai salah satu pertimbangan untuk mengambil kebijakan,"tutup Mahyeldi.

Solsel Raih Opini WTP Untuk Ke-8 Kali