Pemko Padang Dorong Sertifikasi Halal: Jaminan Produk dan Peningkatan Ekonomi Pelaku Usaha

Penyerahan Sertifikat Halal
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

Padang – Pemerintah Kota Padang terus mendorong para pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk segera mendaftarkan usahanya agar bersertifikasi halal. 

RSUD dr. Rasidin Diminta Jemput Bola dan Tingkatkan BOR

Pemerintah Kota Padang ingin seluruh pelaku usaha, baik industri kecil menengah maupun mikro, mengurus sertifikasi halal. Hal ini untuk memberikan jaminan kehalalan produk dan memberikan keyakinan kepada konsumen bahwa produk yang mereka konsumsi terjamin kehalalannya.

"Sertifikasi halal juga dapat mendorong peningkatan ekonomi pelaku usaha. Dengan adanya sertifikasi halal, produk UMKM akan lebih mudah diterima oleh pasar, terutama pasar global yang semakin memperhatikan aspek kehalalan produk," kata kata Asisten II Setdako Padang Didi Aryadi, Jumat 10 Mei 2024.

Kasus Kematian Akibat Diare di Pesisir Selatan Terus Bertambah

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian dan PSDA Setdako Padang, Indra Noveri, mengungkapkan bahwa masih banyak pelaku usaha di Padang yang belum tersertifikasi halal. "Berdasarkan data, dari 43.229 UMKM di Padang, separuhnya belum mengurus sertifikasi halal.

Untuk mengatasi hal ini, Pemko Padang akan menggandeng tenaga pendamping di kelurahan untuk memberikan edukasi rutin kepada masyarakat tentang pentingnya sertifikasi halal. 

Ayo, UMKM di Padang Panjang Segera Urus Sertifikasi Halal, Mumpung Gratis Hingga Oktober 2024

"Tenaga pendamping diharapkan dapat membantu para pelaku usaha memahami proses dan manfaat sertifikasi halal," jelas Indra.

Koordinator Halal PT Sucofindo, Andra, mengakui rendahnya animo masyarakat dalam mengurus sertifikasi halal. "Masyarakat belum mengetahui tahapan mengurus sertifikasi halal dan efek positifnya," sebut Andra.

Halaman Selanjutnya
img_title