Ayo, UMKM di Padang Panjang Segera Urus Sertifikasi Halal, Mumpung Gratis Hingga Oktober 2024

Penyerahan Sertifikat Halal
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

Padang – Kabar gembira bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Padang Panjang, Sumatera Barat.

Polda Sumbar serahkan jenazah korban banjir bandang ke keluarga

Peluang emas untuk mendapatkan sertifikasi halal secara gratis masih terbuka lebar hingga Oktober 2024. Kesempatan ini khusus bagi UMKM yang memproduksi makanan dan minuman tanpa unsur bahan daging sembelihan.

Sekretaris Satgas Halal, Joni Nasri, mengimbau para pelaku UMKM untuk segera memanfaatkan layanan ini. "Jangan sampai lewatkan kesempatan ini, karena setelah Oktober pengurusan sertifikasi halal kemungkinan akan berbayar," kata Joni, Senin 6 Mei 2024.

Jalur Sialing Putus Akibat Dihantam Banjir Bandang

Joni optimis bahwa sertifikasi halal akan membawa manfaat besar bagi UMKM. "Dengan sertifikat halal, produk UMKM akan lebih diterima di pasaran, terutama di kalangan konsumen muslim yang membutuhkan produk halal dan berkualitas," ujar Joni Nasri.

Joni merinci, langkah-langkah untuk mendapatkan sertifikasi halal gratis ini antara lain, melakukan pendaftaran online dilaman sihalal.com memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB), memiliki hasil penjualan tahunan (omzet) maksimal Rp500 juta, dibuktikan dengan pernyataan mandiri

Sudah 37 Warga Meninggal Dunia Akibat Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi 

Lalu, memproduksi makanan dan minuman tanpa unsur bahan daging sembelihan, Mekanisme Self Declare, Sertifikasi halal gratis (Sehati) menggunakan mekanisme self declare. 

"Artinya, pemilik usaha secara jujur menyampaikan bahwa bahan dan produksinya terjamin halal. Pendamping Proses Produk Halal (PPH) akan melakukan verifikasi dan validasi atas pernyataan tersebut,"tutupnya.