Perumdam Tirta Serambi Upayakan Pemulihan Jaringan Air Pasca Banjir Bandang Lahar Dingin

Dampak banjir Lahar dingin gunung marapi
Sumber :
  • Diskominfo Padang Panjang

Padang – Perumdam Tirta Serambi terus berupaya memulihkan jaringan air minum bagi 80 sambungan rumah di Silaing Atas dan Silaing Bawah, kota Padang Panjang, Sumatera Barat yang terdampak banjir bandang lahar dingin Mei lalu.

Irman Gusman Menang Gugatan, MK Perintahkan PSU DPD RI di Sumatera Barat

"Sebanyak 80 sambungan rumah di Kelurahan Silaing Atas dan Silaing Bawah, masih terdampak gangguan pelayanan air minum akibat banjir bandang lahar dingin pekan kedua Mei lalu. Kita sudah melakukan pemasangan pipa darurat sepanjang 402 meter untuk memulihkan jaringan pipa yang rusak akibat bencana tersebut,"kata Direktur Perumdam Tirta Serambi, Adrial A. Bakar, Senin 3 Juni 2024.

Meski demikian kata Adrial, pemasangan pipa ini masih belum bisa dibuat secara permanen karena jalur pipa yang sebelumnya tidak bisa lagi digunakan akibat tersapu banjir dan tanah longsor.

Distribusi Air Untuk Korban Banjir Lahar Dingin Sudah 265.000 Liter 

"Pemasangan pipa darurat ini diharapkan dapat membantu memulihkan pelayanan air minum bagi seluruh pelanggan di Silaing Atas dan Silaing Bawah,"ujarnya.

Diketahui, Banjir bandang lahar dingin menyebabkan kerusakan parah pada tiga unit jaringan pipa air minum di Silaing Atas dan Silaing Bawah. Salah satu pipa berukuran 200 milimeter dan 150 milimeter hampir semuanya hanyut terbawa banjir.

Sumbar Tegas Dukung PPDB yang Objektif Demi Pemerataan Kualitas Pendidikan

Sementara, dua pipa lainnya berukuran 100 milimeter putus tertimbun longsor dan juga hanyut terbawa banjir. Kerusakan ini menyebabkan gangguan pelayanan air minum bagi hampir seribuan sambungan rumah di kedua kelurahan tersebut.

Perumdam Tirta Serambi berharap dengan pemasangan pipa darurat ini, semua pelanggan di Silaing Atas dan Silaing Bawah dapat kembali mendapatkan pasokan air minum melalui perpipaan. Bantuan mobil tangki akan difokuskan untuk pengisian hidran umum saja.

Halaman Selanjutnya
img_title