PERNEFRI Sumbar, Riau, Kepri Gelar Edukasi Hipertensi di Solok Selatan

PERNEFRI Sumbar, Riau, Kepri
Sumber :
  • Diskominfo Solok Selatan

Padang – Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) wilayah Sumatera Barat, Riau, dan Kepri bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menggelar simposium awam dan edukasi terkait penyakit hipertensi di Ruang Terbuka Hijau Solok Selatan, Padang Aro, Minggu kemarin 5 Mei 2024. 

DPRD Apresiasi Capaian Kinerja Pemkab Solsel 2023

Kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Ginjal Sedunia 2024. Dr. dr. Harnavi Harun, Ketua PERNEFRI Sumbar, Riau, dan Kepri, menyampaikan bahwa hipertensi merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

Jika tidak diobati, hipertensi dapat memicu berbagai komplikasi serius seperti stroke, penyakit jantung, dan kerusakan ginjal yang membutuhkan cuci darah.

Dikunjungi Wabup, Pengungsi Sungai Manau Happy

Oleh karena itu, ia menghimbau masyarakat untuk rutin memeriksakan kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat hipertensi dalam keluarga. Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya menerapkan pola hidup sehat, termasuk berolahraga secara teratur, untuk membantu mengendalikan tekanan darah.

"Car Free Day (CFD) adalah salah satu cara untuk menjadi sehat. Rutinlah berolahraga setiap minggu. Semoga CFD yang rutin ini dapat menjadi penyemangat dan membantu mencegah penyakit jantung, ginjal, dan stroke," kata dr. Harnavi dalam keterangan resminya, Senin 6 Mei 2024.

Bupati Khairunas Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat Melalui CFD

Simposium awam dan edukasi hipertensi ini merupakan upaya PERNEFRI dan Pemkab Solok Selatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya hipertensi dan pentingnya menjaga kesehatan ginjal. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari komitmen PERNEFRI dalam mempromosikan pola hidup sehat dan pencegahan penyakit ginjal.

Dr. Harnavi menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan beserta jajarannya atas dukungan dan komitmen mereka dalam mewujudkan program kesehatan terbaik bagi masyarakat Solok Selatan.

Halaman Selanjutnya
img_title