Kebakaran Hebat Melanda Lahan Gambut seluas 2 Hektare di Kalbar

Lahan gambut seluas 2 hektare di Kabupaten Mempawah terbakar
Sumber :
  • Ngadri

PADANG - Kebakaran hebat melanda lahan gambut seluas 2 hektare di Dusun Sebukit Rama, Desa Pasir, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa 7 Februari 2023 sore.

Pemerintah Klaim Luas Karhutla Turun Drastis

Proses pemadaman dilakukan dengan alat seadanya yakni menggunakan satu unit alat pemadam api (mesin pompa air) Polres Mempawah.

Mengantisipasi agar kebakaran tidak semakin meluas Kasat Samapta Polres Mempawah Iptu Tohari bersama Kapolsek Mempawah Hilir AKP Amren Lumban Siantar turun melakukan pemadaman dan pendinginan lokasi kebakaran lahan.

Asap Karhutla dari Empat Provinsi Bikin Padang Berselimut Kabut Asap

Kapolres Mempawah AKBP Fauzan Sukmawansyah melalui Kasat Samapta Iptu Tohari membenarkan adanya kebakaran lahan di wilayah Desa Pasir Kecamatan Mempawah Hilir.

"Benar, memang ada terpantau titik kebakaran lahan di kawasan Dusun Sebukit Rama Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir. Oleh sebab itu kami dari Sat Samapta Polres Mempawah bersama Polsek Mempawah Hilir bergerak cepat melakukan tindakan pemadaman dan pendinginan lokasi kebakaran, mengingat lahan di sana merupakan lahan gambut,"ujar Tohari pada Rabu, 8 Februari 2023.

Kebakaran TPA Rawa Kucing Belum Padam, Manggala Agni Dikerahkan

Tohari mengatakan, pada kebakaran lahan tersebut api di prediksi sudah membakar sekitar dua hektar lahan.

"Kalau lahan yang terbakar ada sekitar kurang lebih dua hektar, Alhamdulillah cepat dipadamkan. Meski demikian kami akan tetap melakukan patroli meninjau lokasi yang rawan kebakaran lahan, apalagi di wilayah yang merupakan lahan gambut," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title