Nawawi Pomolango Resmi Ditunjuk sebagai Ketua KPK Sementara

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sumber :
  • Setpres

Padang – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara, menggantikan Firli Bahuri yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Jokowi Bahas Program Makan Siang Gratis Langkah, Antisipatif Menuju Implementasi Program Unggulan

Nawawi mengaku bahwa dirinya baru mengetahui penunjukan tersebut setelah dirinya terbangun untuk menunaikan ibadah salat Subuh.

"Saya baru mengetahui penunjukkan ini usai terbangun salat Subuh ini," kata Nawawi saat dihubungi awak media, pada Sabtu, 25 November 2023.

Diduga Potong Uang ASN, KPK Tahan Kepala BPPD Sidoarjo Ari Suryono

Nawawi mengatakan bahwa dirinya akan menjalankan tugasnya sebagai Ketua KPK sementara dengan sebaik-baiknya. Ia juga akan menghormati proses hukum yang sedang berjalan terhadap Firli Bahuri.

"Saya akan menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepada saya," kata Nawawi.

Presiden Ungkap Penyebab Kenaikan Harga Beras dan Langkah Pemerintah dalam Menanggapi Krisis Pangan

"Saya juga akan menghormati proses hukum yang sedang berjalan terhadap Bapak Firli Bahuri," imbuhnya.

Nawawi Pomolango lahir di Solo, Jawa Tengah, pada 26 November 1962. Ia merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) dan pernah menjabat sebagai Wakil Ketua KPK periode 2019-2023.