Buntut Ketidakhadiran Yayasan, Warga Canduang Koto Laweh Boikot MTI Canduang

Warga Canduang Koto Laweh bentang spanduk boikot
Sumber :
  • Amanda/ Padang Viva

Padang – Ratusan pemuda dan masyarakat Nagari Canduang Koto Laweh boikot dan menyatakan mosi tidak percaya terhadap Yayasan Syech Sulaiman Arrasuli sampai dengan terjadinya penyelesaian masalah yang terjadi di MTI Canduang, Senin 5 Agustus 2024.

Kembali Bertambah, Korban Asusila Oknum Guru di Canduang Jadi 45 Orang

Pemboikotan dan mosi tidak percaya tersebut dilakukan di depan gerbang Pondok Pesantren MTI Canduang melalui aksi damai yang disaksikan ratusan warga Canduang Koto Laweh

Juru bicara masyarakat Canduang Koto Laweh, Budi Anda mengatakan aksi damai tersebut dilakukan sebagai bentuk kekecewaan atas ketidakhadiran pihak Yayasan Syekh Sulaiman Arrasuli dalam rapat yang diundang langsung oleh pihak yayasan terkait penyelesaian kasus asusila yang dilakukan oknum guru MTI Canduang.

Dua Oknum Santri Terlibat Tindak Asusila, Pihak Ponpes Jelaskan Ini

"Kita diundang rapat oleh Yayasan Syekh Sulaiman Arrasuli, yang mana inti dari rapat itu sendiri adalah untuk penandatanganan nota kesepakatan antara pihak MTI dengan lembaga nagari dan masyarakat tapi sangat kita sayangkan pada hari itu, pihak yayasan tidak satupun hadir pada acara itu," katanya.

Budi Anda menjelaskan bahwa masyarakat Canduang Koto Laweh merasa kecewa dengan ketidakhadiran pihak yayasan dan memutuskan untuk membatalkan nota kesepakatan yang telah disepakati sebelumnya. 

Status Boikot dan Mosi Tak Percaya Terhadap Ponpes MTI Canduang Dicabut

"Sebelumnya, masyarakat telah memberikan waktu tambahan selama 2 x 24 jam kepada pihak yayasan untuk kembali mengundang. Namun hingga pukul 14,00 WIB tadi siang, undangan tersebut tidak kunjung datang kepada kami dan tidak terlaksana," ujarnya.

Akibatnya, masyarakat Canduang Koto Laweh memutuskan untuk memboikot sementara waktu Yayasan Syekh Sulaiman Arrasuli sampai terjadi penyelesaian masalah antara pihak yayasan dengan masyarakat. 

Halaman Selanjutnya
img_title