Diguyur Hujan Deras, Inilah Tuntutan Massa Aksi Demo di Bukittinggi

Ratusan massa aksi melakukan demo di depan DPRD Bukittinggi
Sumber :
  • Istimewa

Padang –Ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Bukittinggi melakukan aksi unjuk rasa di Gedung DPRD Kota Bukittinggi pada Jumat, 23 Agustus 2024. 

Pilkada Lawan Kotak Kosong di Dharmasraya Batal ?

Aksi ini dimulai dengan long march dari Lapangan Wirabraja menuju Gedung DPRD, meskipun hujan deras mengguyur sepanjang perjalanan, tidak menyurutkan semangat para demonstran.

Aksi yang semula berlangsung damai ini sempat berubah menjadi tidak kondusif ketika sejumlah pengunjuk rasa mulai membakar ban dan spanduk milik anggota DPRD Kota Bukittinggi. Ketegangan semakin meningkat saat massa berusaha merusak pagar Gedung DPRD.

Puluhan Mahasiswa Universitas Fort De Kock Bukittinggi Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bisnis

Kondisi mulai terkendali ketika anggota DPRD Kota Bukittinggi keluar menemui para demonstran untuk mendengarkan aspirasi mereka. 

Mahasiswa yang tergabung dalam aksi tersebut menyampaikan sejumlah tuntutan yang terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu isu lokal dan isu nasional.

Badan Bahasa dan Komisi X DPR RI Dorong Pemutakhiran KBBI Edisi VI

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bukittinggi, Firman Wahyudi, menjelaskan bahwa dalam isu nasional, para pengunjuk rasa menuntut agar DPR RI dan KPU RI segera menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang bersifat final dan mengikat. 

"Kami memandang putusan MK bersifat final dan meminta semua pihak untuk berdasarkan putusan nomor 60/PUU-XXII/2024 dan UU nomor 70/PUU-XXII/2024. Keputusan ini adalah bagian dari upaya membuka keran demokratisasi dalam politik nasional," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title