3 Produk Unggulan Sumbar Bakal Ramaikan Pameran Kuliner Di Norwegia

Ilustrasi Masak Rendang. Foto/Nugie-Padang Viva
Ilustrasi Masak Rendang. Foto/Nugie-Padang Viva
Sumber :

Padang – Gubernur Sumatra Barat. Mahyeldi memastikan jika tiga produk unggulan asal Ranah Minang, bakal ditampilkan dalam iven pameran pariwisata dan kuliner yang akan diselenggarakan di Norwegia pada Februari mendatang. Ketiga produk itu yakni bumbu rendang, coklat dan kopi. 

Menurut Mahyeldi, selain ketiga produk itu, pihaknya juga akan mengupayakan bisa menambah beberapa komoditi lainnya seperti kerajinan dan rempah-rempah untuk bisa ditawarkan dalam pameran tersebut. 

“Minggu malam kemarin, kita sudah bertemu dengan Emmy Jorgensen dan rombongan. Mereka, perwakilan dari Norwegia. Kita akan siapkan apa saja persyaratannya, termasuk mengirim sampel-sampelnya. Ini suatu kesempatan luar biasa yang ditawarkan Norwegia. Ini berkah yang harus kita manfaatkan. Termasuk juga kita akan koordinasikan dengan Minang Diaspora," kata Mahyeldi, Selasa 12 Oktober 2022.

Dalam pertemuan itu kata Mahyeldi, pemerintah Sumatra Barat juga membahas peluang promosi wisata Minangkabau di Norwegia. Termasuk juga soal program membuka rumah Makan Padang di Norwegia dan negara lainnya di skandinavia dan eropa secara umum.

Mahyeldi bilang, sejak lagu nasi padang oleh Audun Kvitland tenar pada 2017, rasa ingin tahu tentang nasi padang dan Minangkabau secara umum sangat tinggi. Namun informasi tentang itu masih sangat minim.

Terpisah, Emmy Jorgensen yang diketahui berdarah Minang menyebut jika dirinya sangat ingin mempromosikan kekayaan pariwisata dan kuliner. Setiap produk yang ditawarkan Norwegia saat ini sudah dilengkapi QR code. Jadi setiap orang norwegia tanya tentang Padang, Sumbar atau Minangkabau, bisa langsung mengetahuinya melalui QR code.

“Saat ini kita juga sedang menyiapkan proses pendirian rumah makan padang di Norwegia, termasuk menyediakan menu nasi padang di berbagai restoran di Norwegia. Kita bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar, saat ini tengah menyiapkan program magang bagi 100 orang untuk magang 5 bulan di Norwegia dan negara-negara lain di skandinavia dan eropa,”tutupnya.