Kabut Asap Kepung Mempawah Akibat Kebakaran Lahan

Kebakaran lahan gambut di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat
Sumber :
  • Ngadri

PADANG - Seluas 50 Hektare Lahan Gambut di Desa Pasir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat terbakar pada Rabu, 23 Februari 2023. Kebakaran lahan gambut tersebut sudah terjadi sejak satu mingguan terakhir ini.

Pemerintah Klaim Luas Karhutla Turun Drastis

Kepala Desa Pasir Abdul Hamid mengatakan, Lahan Gambut seluas 50 Hektare yang kebakaran merupakan lahan produktif terdapat tanaman pohon sawit dan ada juga lahan yang hanya ditumbuhi pakis.

"Lahan gambut yang terbakar ini lahan produktif yang masih kosong dan ada tanaman pohon sawit milik warga," ujar Hamid kepada VIVA pada Rabu, 23 Februari 2023.

Banjir di Sintang Belum Surut, 95 Jiwa Mengungsi

Hamid menambahkan, kendala untuk memadamkan kebakaran lahan itu sulitnya mendapatkan sumber air. Sehingga harus menggunakan drum dengan cara estafet diangkut dengan alat seadanya ke lokasi yang terjadi kebakaran baru di semprotkan dengan alat mesin semprot.

"Salah satu kendalanya adalah sumber air yang jauh dari lokasi lahan yang terbakar. Kalau alat mesin untuk menyemprot Alhamdulillah ada karena ada Brigade dari BPBD daerah dan ada yang dari Provinsi,"tambahnya.

Presiden Jokowi Apresiasi Semangat Optimis HMI dan KOHATI untuk Masa Depan Indonesia

Lebih lanjut, Hamid mengatakan, bahwa Proses pemadaman lahan yang terbakar sudah dilakukan oleh Tim gabungan dari Polres Mempawah, Polsek, BPBD Kalbar, dan Manggala Agni sejak satu Minggu belakangan ini.

"Sudah satu Minggu Tim gabungan Berjibaku memadamkan kebakaran lahan ini. Tapi api belum padam. Dan kabut asap akibat kebakaran juga sudah mulai mengganggu jarak pandang,"ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title