Sambut Ramadhan Ribuan Umat Muslim Kalbar akan Gelar Pawai Obor

Dokumentasi Pawai Obor Tahun 2022
Sumber :
  • Istimewa

PADANG - Menyambut Bulan Suci Ramadhan 2023 ribuan umat muslim di Kota Pontianak akan menggelar pawai obor dengan titik kumpul dan finish di halaman Masjid Mujahidin pada Senin, 20 Maret 2023. Kolaborasi Organisasi dan Masyarakat Pontianak Sekitarnya (KOMPAK) kembali menggelar Pawai Obor 202

Banjir di Sintang Belum Surut, 95 Jiwa Mengungsi

''Tahun ini agak berbeda dari tahun sebelumnya, karena kita mengadakan kegiatan Pawai obor ini 2 hari dan juga disertai dengan pembukaan stand UMKM. Insya Allah Pawai Obor akan kita mulai hari ini 20 Maret 2023 dengan diawali Pawai Kendaraan dan Mobil Hias keliling Kota Pontianak. Adapun pawai kendaraan ini bertujuan untuk memperkuat syiar pawai obor agar lebih diketahui dan massif di seluruh lapisan masyarakat," ujar Agus Setiadi selaku koordinator KOMPAK.

''Kita sebenarnya ingin menggelar kegiatan pawai obor ini dengan lebih menarik, meriah dan massif. Hanya saja kami sangat minim dukungan anggaran sementara kita juga menyediakan ribuan obor gratis dan air mineral untuk masyarakat yang nilainya puluhan juta lebih. Kami berharap tahun depan agenda ini benar-benar mendapat perhatian dan dukungan penuh pemerintah daerah melalui SKPD terkait karena kegiatan ini mampu menghadirkan puluhan ribu massa dan sangat potensial dikelola menjadi wisata religi yang akan menarik para wisatawan dan pelancong ," ujar Agus.

Presiden Jokowi Apresiasi Semangat Optimis HMI dan KOHATI untuk Masa Depan Indonesia

Untuk Tahun depan, kami bahkan merencanakan agenda ini menjadi satu Minggu yang dirangkai dengan berbagai kegiatan pendukung seperti Lomba Kendaraan Hias, Lomba Arakan Tanglong (Keriang Bandong), Lomba Perkusi Rakyat, Lomba Kreasi Obor dan Lomba Moeslem Fashion Carnaval dengan melibatkan ratusan bahkan ribuan peserta dan hadiah besar sehingga kegiatan Pawai Obor di Pontianak nanti akan menjadi lebih menarik dan beda dari yang lain serta menjadi wisata religi yang sukses seperti Capgomeh. Oleh karena itu, kita akan persiapkan jauh hari dan pada kesempatan ini kami mengundang para sponsor serta brand untuk masuk mendukung event potensial yang akan kita garap nanti" ungkap pimpinan Sapta Sinergi Organizer ini.

Ditambahkan oleh Eddy Zulkarnaen selaku Korlap Pawai Kendaraan. Kegiatan hari ini juga kita lombakan dengan memilih 3 kendaraan hias terbaik sebagai bentuk apresiasi kita kepada rekan-rekan yang telah menghiasi kendaraan nya dengan susah payah. Para peserta pawai silakan membawa atribut dan bendera masing-masing komunitas/organisasi.

Anies-Cak Imin Ijtima Ulama, Bakal Didukung untuk Pilpres 2024?

''Bagi masyarakat umum yang ingin ikut serta dalam Pawai ini dipersilahkan langsung kumpul di Halaman Mujahidin dan tetap tertib santun selama berkendara mengikuti pawai. Adapun rute pawai kendaraan ini dimulai start di Mujahidin kemudian ke kota baru-jalan Sutomo-Jalan Wahidin-Sungai Jawi-Jeruju-Merdeka-Gajahmada-Veteran-Ayani-bundaran digulis-finish Mujahidin," ungkap Eddy yang juga Ketua Relawan Peduli Kemanusiaan (RPK).

Khusus untuk pawai obor, pihaknya juga membuat sejumlah peraturan untuk diketahui dan dipatuhi oleh seluruh peserta pawai obor. Tidak diperbolehkan membawa petasan, miras, meriam karbit dan hal-hal lain yang bisa mengganggu antar peserta. Karena peserta pawai obor ini kan sangat beragam mulai dari anak kecil sampai orang tua atau lansia.

Halaman Selanjutnya
img_title