Indeks Kapabilitas Rehabilitasi Kemenkumham di 25 Lapas Narkotika Alami Kenaikan

Direktur Perawatan Kesehatan & Rehabilitasi Ditjenpas Elly Yuzar
Sumber :
  • Istimewa

Padang – Badan Narkotika Nasional (BNN) RI apresiasi kenaikan Indeks Kapabilitas Rehabilitasi (IKR) Kemenkumham yang dilakukan di 25 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika di Indonesia.

Amankan 29 Paket Sabu, 4 Tersangka Narkotika Diringkus Polres Payakumbuh

Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), Elly Yuzar mengatakan bahwa pengukuran Indeks Kapabilitas Rehabilitasi (IKR) Kemenkumham yang dilakukan di 25 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika menunjukkan adanya kemajuan yang signifikan.

“IKR mengalami lonjakan dari angka 2,88 pada tahun 2022 menjadi 3,42 pada tahun 2023 dan mencatat ada peningkatan sebesar 0,54,” kata Elly Yuzar, Jumat 26 Juli 2024.

Terlibat Narkoba, Polresta Bukittinggi Amankan Ketua IPWL Agam

Menurutnya, hasil ini paling tinggi jika dibandingkan dengan penyelenggara layanan rehabilitasi pada institusi pemerintah lainnya.

“Ini menunjukkan bahwa sebagai penyelenggara layanan rehabilitasi pemasyarakatan, satuan kerja (satker) kita mampu menyelenggarakan layanan tersebut dengan baik,” ujarnya.

Polres Payakumbuh Gagalkan Pengiriman 35 Paket Ganja Asal Panyabungan

Elly menjelaskan bahwa layanan rehabilitasi pemasyarakatan diselenggarakan dengan berpedoman pada standar rehabilitasi pemasyarakatan yang diterbitkan Ditjenpas tahun 2020. Standar tersebut disusun dengan mengacu pada SNI 8807:2019 tentang Penyelenggara Layanan Rehabilitasi bagi Pecandu, Penyalahguna, dan Korban Penyalahgunaan NAPZA.

“Standar rehabilitasi pemasyarakatan saat ini sedang dalam proses revisi untuk disesuaikan dengan SNI terbaru, yaitu SNI 8807:2022. Ke depan, kita harapkan seluruh Rutan, Lapas, dan LPKA di Indonesia mampu menyelenggarakan Layanan Rehabilitasi Pemasyarakatan,” kata Elly.

Halaman Selanjutnya
img_title