MAFINDO Hadirkan Sekolah Kebangsaan Tular Nalar di PSBR Padang Panjang

Suasana Sekolah Kebangsaan di PSBR Padang Panjang
Sumber :
  • Istimewa

Padang – Sekolah Kebangsaan Tular Nalar - MAFINDO, hadir di Sumatera Barat, tepatnya di PSBR (Panti Sosial Bina Remaja Harapan) Padangpanjang, pada Sabtu 7 September 2024 kemadin.

Dukungan Pemprov Sumbar Tingkatkan Partisipasi Pemilih Difabel

Sekolah Kebangsaan Tular Nalar merupakan pelatihan literasi digital dan politik dalam rangka menghadapi tantangan digital menjelang Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah). 

Kegiatan yang diinisiasi oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) ini diikuti lebih dari 100 peserta didik PSBR dan didukung oleh Google.org dan Love Frankie. 

12 PSE Asing Diblokir, Google dan Youtube Kenapa?

Program Manajer MAFINDO, Asti Indra Astuti mengatakan tujuannya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengidentifikasi dan menyikapi hoaks melalui literasi digital dan pemikiran kritis.

“Tular Nalar sendiri, telah hadir sejak tahun 2020 untuk melatih kemampuan berpikir kritis dalam menghadapi derasnya arus pemikiran dan informasi di era digital yang sangat menantang. Tular Nalar saat ini telah menjangkau 510 ribu masyarakat dari berbagai ragam golongan dan kelompok rentan,” ujar Asti Indra Astuti,

Indonesia Akan Blokir Google, Facebook, Whatsapp, dan Instagram?

Sementara itu, MAFINDO sebagai organisasi masyarakat sipil anti-hoax yang berdiri tahun 2016 telah mempelopori banyak inisiatif untuk melawan infodemic atau wabah hoax. 

"Kini MAFINDO memiliki lebih dari 95.000 anggota online, 1.000 sukarelawan, dan 20 kantor yang tersebar di seluruh Indonesia," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title