Pemko Padang Panjang Jadikan Lapangan Bancalaweh Tempat Salat Iduladha 1445 Hijriah  

Ilustrasi Salat. Foto/Andri Mardiansyah
Sumber :

Padang – Pemerintah Kota Padang Panjang telah menetapkan Lapangan Bancalaweh sebagai lokasi utama pelaksanaan Salat Idul Adha 1445 Hijriah pada tanggal 17 Juni 2024 mendatang.

Arus Balik Rute Padang-Bukittinggi Via Padang Panjang Disebut Aman dan Terkendali

"Jika cuaca memungkinkan, Salat Iduladha akan dilaksanakan di Lapangan Bancalaweh. Namun, jika hujan, Masjid Agung Manarul Ilmi Islamic Centre Padang Panjang akan menjadi alternatif utama," kata Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Nofriyanti, Selasa 4 Juni 2024 

Ia bilang, Dua masjid cadangan, yaitu Masjid Ilham Koto Panjang dan Masjid Al Ikhlas Tanah Hitam, juga disiapkan untuk mengantisipasi kondisi cuaca yang tidak memungkinkan.

Gandeng Polda Sumbar, Pertamina Pastikan Kualitas dan Ketersediaan BBM Jelang Lebaran

Nofriyanti mengajak seluruh instansi, organisasi, dan OPD terkait untuk saling berkoordinasi dalam mempersiapkan dan mengamankan pelaksanaan Salat Iduladha.

"Kita mohon dukungan dan kerja sama semua pihak agar persiapan dan pelaksanaan Salat Iduladha berjalan lancar. Kami juga akan mengkaji kembali pengaturan arus lalu lintas agar akses keluar masuk dari Lapangan Bancalaweh berjalan lancar," ujarnya.

Lapangan Bancalaweh Jadi Pilihan Tempat Salat Idul Fitri di Padang Panjang

Menurut Nofriyanti, Khatib Salat Iduladha dipercayakan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Padang Panjang, Alizar Datuak Sindo Nan Tongga. Sedangkan, Ustaz Mustarijal, Kepala TPQ Masjid Jihad, akan bertindak sebagai Imam.