Analisis Faktor Penyebab Dominasi Prabowo-Gibran di Jawa Timur Menurut Survei Terbaru

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • Dok.istimewa

Padang – Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, menunjukkan dominasi mereka di Jawa Timur berdasarkan survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab utama kemenangan elektoral mereka di wilayah yang terkenal dengan kesenian reog tersebut.

Survei KedaiKOPI : Mayoritas Masyarakat Puas dengan Rekayasa Lalu Lintas Polri Saat Mudik Lebaran

Menurut Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, dua faktor utama yang memengaruhi adalah pengaruh ulama dan kyai yang signifikan, serta dukungan tersirat dari Presiden Jokowi. "Mayoritas ulama di Jawa Timur cenderung memilih Pak Prabowo, bahkan banyak kyai dari desa yang secara proaktif menyatakan dukungan," jelas Gus Ipul.

Selain itu, Gus Ipul menambahkan bahwa kepuasan terhadap kinerja Jokowi yang masih tinggi di wilayah ini juga turut memengaruhi opini publik. Faktor ketiga yang didorong oleh dukungan dari Gubernur Jatim dan Ketua PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, juga diakui Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi, sebagai kontributor penting dalam peningkatan elektabilitas Prabowo-Gibran di Jawa Timur.

Gempa M6,5 di Jatim: 4.679 Rumah Rusak, 33.535 Warga Mengungsi

"Survei ini dilakukan setelah Bu Khofifah mendukung Prabowo-Gibran, dan hasilnya menunjukkan peningkatan pesat dalam elektabilitas pasangan nomor urut 2," ungkap Burhan.

Survei yang dilakukan pada 14-19 Januari 2024 menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran unggul di Jatim dengan perolehan 56,2 persen. Selain itu, penurunan swing voters dari 11,6 persen menjadi 8,2 persen menunjukkan konsolidasi opini publik yang semakin kuat. Survei tersebut melibatkan 810 responden dengan metode simple random sampling dan margin of error sekitar 3,5 persen.

Gempa Magnitudo 6,0 Tuban Rusak Sejumlah Fasilitas Bangunan