Vitamin B Kompleks Efektif Kurangi Nyeri Saraf Akibat Diabetes, Penelitian di Indonesia

Ilustrasi cek gula darah
Sumber :
  • Pexels

Padang – Neuropati perifer adalah gangguan pada saraf tepi yang menyebabkan sensasi tidak nyaman, seperti kesemutan, kebas, dan nyeri, pada bagian ujung tubuh, seperti tangan dan kaki.

Empat Arahan Tegas BNPB Percepat Distribusi Bantuan Korban Banjir dan Longsor Sulawesi Selatan

Menurut dr. Rizaldy Taslim Pinzon, ahli saraf di Departemen Neurologi RS Bethesda Yogyakarta, 50% orang dengan diabetes menderita neuropati perifer. Hal ini diungkapkan dalam virtual P&G Health Asia Pacific Virtual Media Roundtable-World Diabetes Day 2023, Senin 6 November 2023.


Rizaldy menjelaskan bahwa obat yang mengandung kombinasi vitamin B efektif mengurangi dampak neuropati perifer, baik gejala maupun fungsi saraf yang rusak.

Hari Ini Partai Gerindra Sumbar Buka Pendaftaran Cakada

Penelitian di Indonesia melibatkan 400 pasien neuropati perifer yang diberikan vitamin B kompleks selama 90 hari tanpa diberikan pereda nyeri. Hasilnya, vitamin B kompleks efektif mengurangi gejala nyeri lebih dari 50%, serta memulihkan fungsi saraf, seperti persepsi suhu panas-dingin, daya refleks, dan kekuatan motorik.

Rizaldy menekankan bahwa kombinasi vitamin B aman dikonsumsi dalam jangka waktu panjang untuk menangani neuropati perifer.