Pemkab Solsel Dorong Peningkatan Peran Satkamling Jaga Stabilitas Keamanan 

Bupati Solok Selatan Khairunas (tengah)
Sumber :
  • diskominfo Solok Selatan

Padang – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mendorong pengaktifkan kembali Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di seluruh jorong karena keberadaan Satkamling, menjadi representasi dari seluruh masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungannya, terutama akan memasuki masa Pemilu.

Bupati Solok Selatan Serukan ASN Tingkatkan Pelayanan dan Dukung Timnas U-23

Bupati Solok Selatan, Khairunas mengatakan dibutuhkan kolaborasi seluruh masyarakat, pemerintah, bahkan Forkopimda dalam menjaga keamanan. Termasuk juga bagaimana ke depan kita melakukan edukasi kepada masyarakat.

"Pemerintah kabupaten berkomitmen setiap jorong yang ada harus memiliki Satkamling. Kita harapkan kolaborasi seluruh pihak yang ada, baik di pemerintah kabupaten bersama dengan Forkopimda mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan,"kata Khairunas melalui siaran persnya, Kamis 22 Juni 2023.

Pariwisata Sumbar Berkembang Pesat, Desa Wisata Jadi Motor Penggerak

Khairunas mengapresiasi prestasi yang diperoleh oleh Satkamling di Jorong Ampalu, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo yang berhasil mendapatkan posisi lima besar se-Indonesia dalam lomba Satkamling dalam rangka HUT Bhayangkara Ke 77 Tahun 2023.

Terpisah, Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Adhi Sabhara mengapresiasi dukungan dari pemerintah kabupaten dalam mendorong aktifnya Satkamling. Terlebih saat ini hanya 24 Satkamling saja yang aktif di seluruh Solok Selatan.

Gubernur Sumbar Tekankan Kolaborasi untuk Percepatan Pembangunan Sawahlunto

"Ke depan diharapkan setiap jorong sudah ada Satkamling tapi perlu ditingkatkan dan diaktifkan kembali. Data dari jorong hanya ada 24 Satkamling yang aktif. Diharapkan ke depan masing-masing jorong ada struktur keanggotaan sehingga bisa menjaga situasi kamtibmas dalam Pemilu 2024,"kata Arief.

AKBP Arief bilang, Satkamling memiliki peran dalam menjaga keamanan dan keterbiban lingkungan. Sehingga ke depan peran Satkamling ini bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing.